IKUTI 4 TAHAP CARA MENDIDIK ANAK MENGIKUT SUNNAH RASULULLAH SAW

Hikayat Dunia

 

Mendidik anak adalah tanggung jawab kita sebagai orangtua, namun terkadang kita tak tahu bagaimana memperlakukan anak ataupun kalau kita tahu tapi sulit menerapkannya, karena terkadang ada emosi yang tak terkontrol. Jadi anak memang cerminan kita orang tua…Bagaimana kita memperlakukan mereka begitulah mereka jadinya.

Rasulullah saw bersabda: Setiap bayi yang dilahirkan dalam keadaan fitrah. Maka kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi, atau Nasrani, atau Majusi.(HR. Bukhari)

Tahapan ini bisa jadi acuan untuk memperlakukan mereka sesuai usia. Kesalahan kita sering kali karena kita mengukur pikiran anak2 dengan pikiran kita sehingga mengakibatkan hasil tak sesuai dengan harapan. Tahapan itu sebagai berikut :

 

PERTAMA: Umur 1-7 tahun

Pada masa ini, Rasulullah SAW menyuruh kita untuk memanjakan, mengasihi dan menyayangi anak dengan kasih sayang yang tidak berbatas. Biarkan anak-anak bermandikan kasih sayang pada tahap ini.

 

Image result for budak comel umur 10 tahun

-Gambar sekadar hiasan-

 

KEDUA: Umur 7-14 tahun.

Saat ini Rasulullah SAW menyuruh kita untuk mulai menanamkan DISIPLIN kepada anak-anak dengan mengajar dan menyuruh mereka untuk mengerjakan shalat. Bahkan ketika umurnya sudah sepuluh tahun, seorang ayah bisa memukul anaknya jika enggan mengerjakan shalat.

Rasulullah SAW bersabda. “Perintahkanlah anak-anakmu untuk shalat pada usia tujuh tahun; dan pukullah mereka karena meninggalkannya pada usia sepuluh tahun; dan pisahkanlah di antara mereka (anak-anak kamu) di dalam tempat tidur.” – Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

Berdasarkan ahli jiwa anak, memang pada usia 7-14 tahun ini waktu terbaik untuk menanamkan disiplin dan pembentukan sahsiah seorang anak. Pada fase inilah seorang ayah akan membuat anak itu seorang muslim atau Yahudi, Nasrani dan Majusi seperti yang dikatakan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya bahwa setiap anak yang lahir dalam keadaan suci. Maka, ayah dan ibulah yang akan mencorakkannya.

Image result for budak sekolah darjah 3

-Gambar sekadar hiasan-

 

KETIGA : Umur 14-21 tahun

Saat ini orang tua sudah MENGGANTI penanaman disiplin dengan cara yang agak KERAS kepada yang RASIONAL. Orang tua sudah seharusnya mendidik anak dengan cara menjadikannya sahabat dalam berdiskusi, mengajaknya ikut dalam membahas masalah keluarga dan diberikan satu-satu tanggung jawab dalam hal-hal tertentu di rumah. Hal ini penting agar anak merasa dirinya punya kewajiban memperhatikan hal-hal dalam keluarga.

Image result for pelajar sekolah menengah perempuan

-Gambar sekadar hiasan-

 

KEEMPAT: Umur 21 Tahun Ke Atas

Pada masa ini, orang tua sudah bisa melepaskan anaknya untuk belajar menempuh hidup akan tetapi tetap melihat perkembangannya dan memberikan nasihat dan peringatan-peringatan ketika anak salah atau lupa.

Image result for muslimah umur 21 tahun

-Gambar sekadar hiasan-

 

Dalam kehidupan kita sebagai orang Islam, terkadang pendidikan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW itu tidak benar-benar diterapkan, bahkan banyak yang tidak mengamalkannya sama sekali.

Ada orang tua yang terlalu memanjakan anak sehingga umur 14 tahun dan baru mulai mengajar dan menyuruhnya shalat pada usia mereka 15 tahun sehingga mereka tidak hanya enggan melakukannya malah marah kepada orang tuanya. Jika kewajiban yg tertinggi (yaitu shalat) yang telah diperintahkan Allah SWT Yang Maha Agung diabaikan apalagi dengan perintah dan suruhan orang lain termasuk orang tuanya.

Kesimpulannya, masalah disiplin remaja dan pelajar muslim mungkin terjadi karena rapuhnya pendidikan iman dan cara didikan yang salah. Sebagian orang tua membantah hal ini karena mereka tidak sadar kekerasan dan cara pendidikan yang mereka terapkan kepada anak-anak adalah secara membuta tuli tanpa melihat perkembangan umur anak-anak sehingga anak terasa dizalimi dan Berikutnya tumbuh dengan perasaan marah dan dendam kepada orang tua.

Jika sebelum ini Anda lalai …. masih BELUM TERLAMBAT … ajarlah dan ajaklah anak-anak Anda untuk SHOLAT …. karena sholat adalah kunci untuk segalanya permasalah dunia ini …

Sabda Rasulullah SAW: “Sholat itu tiang agama, barangsiapa yang mengerjakannya maka ia menegakkan agamanya dan barangsiapa yang meninggalkannya ia meruntuhkan agamanya.” – HR. Al-Bahari dan Muslim

Dari Abdullah ra, Rasulullah SAW bersabda yang artinya, “ditegakkan Islam atas lima hal: pengakuan syahadah yaitu tiada Tuhan yang disembah dengan sesungguhnya melainkan Allah, pengakuan bahwa Nabi Muhammad itu Rasulullah, mendirikan sholat, menunaikan zakat, menunaikan fardhu haji dan berpuasa di bulan Ramadhan . “- HR Muslim

 

 

Sumber : Mutiara

 

Hikayat Dunia
“Kevin Morais Yang Salurkan Maklumat Mengenai Kes Penyelewengan 1MDB Kepada Saya” – Clare Brown

Editor Sarawak Report, Clare Rewcastle Brown mendedahkan, mendiang Kevin Morais yang menyalurkan maklumat mengenai siasatan Jabatan Peguam Negara (AGC) mengenai kes penyelewengan SRC International Sdn Bhd yang pernah menjadi anak syarikat 1Malaysia Development Berhad (1MDB). “Saya dihubungi secara langsung oleh orang itu (yang menyiapkan kertas pertuduhan). Saya rasa dia adalah …

Hikayat Dunia
KP SPRM Dedahkan Yang Beliau Pernah Diugut & Diintip Ketika Siasatan 1MDB Dulu..

22 Mei – Ketua Pengarah Suruhanjaya Pencegah Rasuah Malaysia yang baharu, Dato’ Sri Haji Mohd Shukri Abdul telah mengadakan satu sidang media di ibu pejabat SPRM di Putrajaya. Beliau tampil dalam sidang media tersebut dan menceritakan pengalaman beliau ketika menyiasat kes 1 Malaysia Development Berhad (1MDB) sebelum beliau dikatakan bersara …

Hikayat Dunia
Di usia 92 Tahun, Tun M Pandu Kereta Sendiri Untuk Memimjau Apa Yang Terjadi Di Kuala Lumpur..

Video Penuh Berada Di Bawah Artikel Kenapa Dr Mahathir pandu sendiri kereta Ini bukan kali pertama Perdana Menteri Malaysia ke 7, Tun Mahathir memandu kereta sendiri. Beliau tidak menggunakan pemandu peribadi dan pada usia yang menjangkau 93 tahun beliau masih kuat dan boleh pandu sendiri. Sebelum ini akhbar Sinar Harian …

%d bloggers like this: